Makanan Pencegah Kantuk Paling Ampuh

22 Mar 2016

Mengantuk merupakan hal yang sangat manusiawi yang bisa dialami oleh semua orang, terlebih lagi ketika di saat bekerja atau setelah makan. Mengantuk ketika bekerja tentu saja sangatlah mengganggu apalagi saat kerjaan banyak. Apakah Anda termasuk orang yang suka mengantuk di tempat kerja? Lantas apa yang Anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk tersebut. Secara umum banyak dari mereka mengatakan bahwa solusi yang paling tepat untuk menghilangkan ngantuk adalah dengan cara tidur. Tapi apa jadinya jika itu dilakukan ketika Anda bekerja, tentu akan mengurangi produktivitas dan kualitas kerja Anda bahkan bisa membuat anda ditegur oleh keatasan Anda.

Jika rasa ngantuk tersebut sering Anda alami ketika siang hari terutama di saat jam kerja terdapat beberapa faktor penyebab rasa ngantuk tersebut. Bisa jadi kantuk tersebut timbul akibat anda kurang tidur di malam hari, atau anda sedang stres, kurang zat besi atau terlalu banyak makan. Memang ketiga faktor tersebut bisa menyebabkan anda merasa ngantuk di siang hari, dan anda harus mencegahnya. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rasa ngantuk Anda yaitu dengan mengonsumsi makanan pencegah ngantuk paling ampuh. Ingin tahu jenis makanan pencegah kantuk tersebut? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Makanan Pencegah Kantuk Paling Ampuh

Kacang dan Biji-bijian

Makanan yang pertama yang bisa berfungsi untuk mencegah rasa ngantuk Anda adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis kacang-kacangan tersebut diantaranya kacang kenari, kacang almond, kacang kismis dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung lemak omega 3 yang berperan untuk mencegah depresi dan rasa ngantuk. Lemak tak jenuh bereaksi membakar dengan cepat dan melepaskan energi dalam tubuh. Sedangkan kandungan gula alami dalam kacang juga akan membantu Anda untuk tetap bersemangat dalam melakukan aktivitas Anda.

Yogurt

Yogurt adalah jenis susu yang telah mengalami fermentasi yang sangat banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Selain itu yogurt juga bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang dapat mengatasi kantuk. Hal ini dikarenakan dalam yogurt memiliki kandungan probiotik bakteri yang bermanfaat bagi sistem pencernaan anda. Selain itu kandungan gula dan protein yang terdapat dalam yogurt membuat kondisi tubuh menjadi fit dan bugar. Karena itulah yogurt menjadi salah satu makanan yang dapat menjadi makanan mencegah rasa ngantuk. Semakin rutin Anda mengonsumsi yogurt manfaat yang bisa anda dapatkan jauh lebih besar bagi kesehatan Anda.

Bayam

Jenis makanan selanjutnya yang berperan untuk menghindarkan Anda dari rasa ngantuk adalah bayam. Bayam sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit anemia yang ditandai badan terasa lemas, lesu dan mudah merasa ngantuk. Anemia sendiri penyakit yang disebabkan karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Untuk mengatasinya hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi sayuran bayam secara rutin. Karena sayur bayam banyak menyimpan kandungan zat besi di dalamnya yang dapat suntikan oksigen ke otak dan mengalir ke seluruh tubuh yang memberikan energi tambahan.

Vitamin C

Solusi terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sering ngantuk adalah dengan mengonsumsi vitamin C. vitamin C dapat membantu mengurangi hormon kartisol yang merupakan salah satu hormon yang menyebabkan stres dan penurun alergi dalam tubuh. Jika Anda sudah mulai merasakan ngantuk yang tidak tertahankan maka segeralah untuk mengonsumsi vitamin C, karena itu bisa menjadi solusi terbaik Anda.

Baca juga

http://benergi.com/pengertian-dan-macam-macam-energi-potensial-listrik

http://benergi.com/manfaat-energi-matahari-bagi-manusia-di-bumi

http://benergi.com/macam-macam-sumber-energi-terbarukan-dan-tak-terbarukan

http://benergi.com/manfaat-energi-angin-sebagai-energi-alternatif

http://benergi.com/cara-membuat-energi-alternatif-dari-sebuah-kulit-pisang

http://benergi.com/energi-biomassa-sebagai-energi-terbarukan

http://benergi.com/energi-pegas-dalam-ilmu-fisika

http://benergi.com/jenis-jenis-sumber-energi-alternatif

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami


TAGS kesehatan


-

Author

Follow Me


Categories

Archive